Kenapa pesawat komersil tidak dilengkapi parasut

 Mengapa di pesawat penumpang komersial tidak dilengkapi parasut untuk menyelamatkan diri ?
tidak ada parasut di pesawat

    Parasut adalah sebuah perlengkapan peralatan penting untuk pesawat Jet tempur dan pesawat system militer lainnya. peralatan tersebut digunakan oleh Pilot atau kru pesawat profesional dalam keadaan darurat. hal ini membuat banyak orang bertanya tanya mengapa di pesawat komersial tidak ada Parasut agar mereka bisa meyelamatkan diri ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan dalam situasi darurat.

    Pasti temen temen pernah kepikian, kenapa tidak disediakan parasut di Peswat Komersil?. padahal kan jika terjadi keadaan emergency, penumpang akan terselamatkan dengan menggunakan opsi terjun dengan menggunakan parasut. tetapi ternyataa tidak semudah itu sobat.

    Berbeda dengan jenis pesawat militer, pesawat komersil tidak dibekali dengan parasut karena menggunakan parasut memerlukan pelatihan khusus dan ekstensif. melakukan terjun payung dengan menggunakan parasut tidak semudah dibayangkan seperti dilihat di video media terkenal. memang sesederhana itu kita hanya perlu melompat dari pesawat yang sedang bergerak cepat dan kemudian menarik senar parasut sampai mengapung perlahan mendarat dengan selamat. Tetapi Faktanya, jenis terjun payung yang paling dasar mengharuskan kita sebagai pemula setidaknya paham teorinya dan beberapa kali harus berlatih dengan didampingi oleh Skydiving Profesional. 

    Suatu aktifitas terjun bebas atau skydiving ini sebelumnya telah di rencanakan dan dipetakan sehingga kondisi ketinggian serta situasi sudah dipastikan sempurna dan aman. berbeda halnya dengan melakukan terjun bebas dengan parasut di penerbangan komersil karena tidak direncanakan dan belum dipastikan aman. selain alasan diatas, penerbangan komersil telah diuji aman, sehingga tidak dibutuhkan parasut di dalam pesawat komersil.

    Pesawat komersil rata rata terbang dengan kecepatan kurang lebih 800 km/jam dan melaju pada ketinggian jelajah reguler penerbangan komersil pada ketinggian 35.000 kaki dari permukaan air laut. jika sesorang melompat dari pesawat dengan kecepatan tersebut kemungkinan terhindar dari badan pesawat, sayap, ekor dan baling baling itu sangatlah kecil. kalaupun berhasil turun dan terhindar dari bagian bagian pesawat, sebuah penerbangan sangat tinggi ini memiliki suhu sangat dingin dan udara yang sedikit membuat kita susah bernafas. seseorang yang melakukan terjun payung di ketinggian tersebut memiliki resiko Hipoksia yang sangat tinggi. dari urain diatas dapat disimpulkan bahwa penerbangan komersil tidak dirancang untuk orang orang bisa terjun payung untuk menyelamatkan diri dengan bebas yang membuat hal tersebut sangatlah berbahaya bagi orang yang melakukanya.






referensi :

  1. https://www.sheffield.com/2022/why-dont-airplanes-have-parachutes.html#:~:text=As%20opposed%20to%20other%20kinds,commercial%20aircraft%20do%20not%20have.
  2. @kataalfa (yutubshort)

No comments:

Post a Comment