Siri vs ChatGPT : Apa Perbedaanya ?

siri dan chat gpt
Kecerdasan buatan atau sering disebut juga Artificial Intelligence menjadi trend teknologi pada saat ini yang mungkin akan menjadi perkembangan teknologi canggih yang akan banyak menggantikan pekerjaan manusia. Teknologi ini sebenarnya bukanlah hal yang baru dan bukan teknologi yang akan tiba di masa depan tetapi teknologi ini nyatanya sudah hadir dan diteliti pada masa dulu dan sekarang yang memungkinkn dapat membantu berbagai aktifitas dan pekerjaan manusia sehari hari. tetapi AI juga sangat besar kemungkinkan mengancam manusia karena dapat mengambil alih semua pekerjaan manusia. 

Artificial Intelligence adalah sebuah simulasi kecerdasan manusia yang diwujudkan dalam mesin teknologi dan di program sedemikian rupa agar kecerdasan buatan bisa berfikir seperti layaknya manusia. AI adalah system teknologi yang diprogram dengan data data yang sudah terjadi, AI membutuhkan pengetahuan pengalaman dan data yang diprogram kedalamnya supaya kecerdasan semakin berkembang lebih baik. 

Banyak sekali tanpa kita sadari penerapan sebuah AI di keseharian kita, contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari hari antara lain DeepFace Facebook untuk mengenali wajah orang yang terdapat pada postingan, Google Assisten yang bertujuan sebagai asisten virtual pribadi anda, dibidang E-Commerce AI dapat membantu merekomendasikan produk untuk anda, itulah beberapa contoh Artificial Intelligence yang kita dapat temui didalam kehidupan kita sehari hari.

Pembahasan Siri dan ChatGPT

Baru baru ini kemunculan Chat GPT menjadi Trend yang cukup populer. Teknologi ChatGPT berbeda dengan halnya assisten virtual seperti google Assisten dan Siri di Iphone tetapi kedua hal tersebut sama sama berguna dengan cara kerja yang berbeda untuk membantu aktifitas manusia.

Pada kesempatan kali ini iLaL'fa akan membahas tentang perbedaan teknologi Artificial Intelligence pada ChatGPT degan Asissten virtual Siri pada Iphone. kemunculan ChatGPT meningkatkan persaingan dibidang AI semakin berkembang pesat bahkan para ilmuwan saat ini mengembangkan teknologi AI dengan sekala besar besaran. 

SIRI vs ChatGPT : Apa perbedaanya ?

Hal apa yang membedakan antara SIRI Iphone dengan ChatGPT ?
perbedaan yang paling mendasar yaitu pada tujuan dibuatnya  teknologi AI antara ChatGPT dengan SIRI. Chatgpt adalah wujud AI yang berbasis bahasa dengan teks yang memilki kemampuan dapat melakukan percakapan seperti pemikiran manusia. Sedangkan SIRI adalah sebuah Asissten Virtual yang dapat merespon perintah berupa teks atau suara untuk menjalakan berbagai tugas di Apple secara lugas, tegas dan informatif.
Kedua teknologi tersebut sama sekali berbeda meskipun sama sama dijalankan oleh AI. iLaLfa disini akan menjelaskan beberapa perbedaan yang cukup spesifik sehingga sobat lebih jelas mana yang sesuai dengan kebutuhan dan cocok untuk membantu aktifitas anda dengan teknologi AI ini.

Real Tim Update

Anda pasti mengira bahwa ChatGPT merupakan alat AI yang nyaris sempurna karena dapat secara continuous menjawab setiap pertanyaan yang anda ingin ketahui. Namun Perlu anda ketahui bahwa ChatGPT memiliki kekurangan yang mungkin anda belum sadari. ChatGPT merupakan teknologi AI yang memiliki kekurangan akses waktu yang tidak real time dan memiliki keterbatasan data pengetahuan. ChatGPT diprogram dengan mengambil data dari tahun 2021 atau lebih lama. Oleh sebab itu kemungkinan anda tidak akan menerima jawaban jika anda mencoba mengajukan pertanyaan yang memiliki peristiwa dengan waktu terbaru. 

Semisal jika temen temen meminta atau bertanya tentang info cuaca pada hari ini ke Chatbot GPT atau bertanya tentang kapan perang Rusia Ukraine terrjadi, ChatGPT akan menjawab dengan jawaban Chatbot tidak memiliki akses cuaca pada hari ini dan tidak memiliki pengetahuan bahkan tidak memiliki data yang valid informasi perang Rusia-Ukraina.
ChatGPT juga tidak menampilkan sebuah acara live dan berita yang terbaru.

Sedangkan di sisi lain, Teknologi AI SIRI Apple berbanding terbalik dengan ChatGPT. Siri dapat memperbarui waktu yang nyata dalam memberi informasi atau memberi jawaban kepada anda, seperti update cuaca hari ini, harga index pasar saham dan lain lain dengan data data yang terus diperbarui secara berkala. Siri juga dapat update tentang berita terbaru sehingga anda dapat memakai teknologi jnj untuk uodate suatu hal untuk mengetahui banyak hal pada hari jni.

Dapat Berinteraksi Percakapan Langsung Dengan Manusia

Salah satu keunggulan yang menjadikan ChatGPT sepopuler saat ini yaitu kemampuannya untuk melakukan percakapan secara continuous memberi balasan natural dan dapat berinteraksi yang mirip layaknya manusia. Anda seperti  mengobrol dengan teman dekat, tetapi Chatbot ini jauh lebih cepat dan lancar menjawab setiap pertanyaan yang anda ajukan. ChatGPT juga dapat menjawab setiap pertanyaan sulit layaknya mesin pencari dengan teks yang cukup kompleks.

Sedangkan SIRI berfokus pada asisstn virtual yang dapat menjalankan dan melaksanakan setiap perintah yang anda berikan dengan menggunakan voice maupun tulisan. SIRI bisanya dapat membantu anda dengan jawaban yang singkat, padat, dan jelas yang berbeda sekali dengan Chatgpt yang meberikan informasi cukup kompleks. SIRI mempunyai kemampuan relatif rendah dalam melakukan percakapan panjang dan kurang memahami konteks setiap pertanyaan. Siri bukanlah solusi yang tepat jika anda membutuhkan jawaban yang jelas dan panjang serta bercakapan yang terus menyambung.

Cara Pengaktifan

Fitur SIRI Iphone didesain untuk menjalankan setiap perintah suara ataupun tulisan, sehingga hal tersebut memudahkan para pengguna IPhone untuk memberi perintah kepada Asissten Virtual tersebut. Mungkin anda hanya perlu memencet satu tombol untuk dapat mengajukan pertanyaan singkat kepada Siri yang dapat membantu anda ketika sedang dalam perjalanan. Dengan adanya Siri semua menjadi lebih praktis dan cepat karena sudah terintegrasi langsung dengan Iphone Anda.

Namun, berbeda halnya dengan ChatGPT, jika anda ingin menggunakan AI ini anda hanya dapat memeberi perintah dengan input berbasis teks saja dan tidak merespon perintah suara. Penggunaan Chatgpt jauh lebih memakan waktu dibanding SIRI, dikarenakan anda harus mengetik setiap anda menggunakan layanan Chatbot ini. Alangkah baiknya jika hanya ingin mengajukan pertanyaan dan jawaban singkat, anda cukup menggunakan SIRI untuk mendapatkan yang cepat singkat dan jelas. 

Hasil Keakuratan Jawaban

Untuk keakuratan jawaban yang diberikan Siri dan ChatGPT bisa dibilang sama sama memiliki keunggulannya masing masing untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan, walaupun dengan cara yang berbeda. Ketika anda mengajukan peertanyaan ke Siri, anda akan mendapatkan jawaban yang singkat, padat dan jelas.

Semisal, ketika anda bertanya kepada Siri kapan peristiwa gedung kembar WTC ditabrak oleh pesawat, Siri akan menjawab dengan singkat dan jelas tentang kapan terjadinya. Beda halnya bertanya ke ChatGPT, maka jawabanya akan lebih memiliki spektrum informasi yang lebih luas menurut database ChatGPT yang telah di programkan. Ketika anda bertanya dengan pertanyaan yang sama ke Chatbot, maka akan dijawab dengan beberapa paragraf sedetail mungkin kapan peristiwa gedung kembar WTC beseta dengan tanggal terjadinya. ChatGPT memiliki basis data yang besar sehingga besar kemungkinan beberapa pekerjaan manusia akan tergantikan oleh kecerdasan buatan ini.

Selain perbedaan dari jumlah kata informasi yang di berikan, kedua AI tersebut juga memiliki perbedaan dalam cara memberikan infromasi. Contohnya, Ketika anda memberikan pertanyaan " Misteri segitiga bermuda ?", maka Asissten Virtual SIRI akan menjawab dengan menyajikan beberapa tautan website yang relevan dengan pertanyaan tersebut, kemudian anda dapat mencari dan menyaring untuk mendapatkan jawaban informasi tentang pertanyaan masalah yang diajukan.

Beda Halnya dengan ChatGPT, ketika anda mengajukan pertanyaan yang sama, Chatbot akan menyajikan beberapa detail paragraf jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang anda ajukan. ChatGPT memiliki banyak pengetahuan dan data data yang telah diprogramkan, sehingga anda akan menemukan jawaban yang sudah dirumuskan dengan baik, jadi anda tidak perlu pusing untuk mempelajari setiap jawaban yang diberikan.

Kemampuan Menjalankan Perintah Dasar Aktifitas Sehari Hari

Kemampuan menjalankan tugas ini adalah salah satu perbedaan yang signifikan antara SIRI dengan ChatGPT. Pada kasus ini Siri lebih unggul, Model AI ini adalah asissten virtual resmi Apple yang bertujuan untuk membantu setiap tugas tugas sehari hari manusia agar lebih cepat, mudah dan efisien.

kemampuan dasar Siri diantaranya yaitu anda bisa memerintahkan Siri untuk mengontrol Smart Home, mengatur Perangkat Rumah, Mengaktifkan data seluler, Mengaktifkan alarm, dan lain sebagainya Siri dapat melakukan semua itu untuk membuat hidup anda menjadi lebih mudah dan nayman.

Sedangkan untuk ChatGPT sama sekali tidak memiliki kemampuan tersebut untuk integrasi dengan aplikasi dan perangkat lainnya. Sehingga Chatbot ini tidak berguna dalam kasus ini karena memang dibuatnya ChatGPT bukan untuk tujuan tersebut.

ChatGPT dan SIRI adalah Dua Model AI yang Berbeda Namun Memiliki Fungsinya Masing Masing

Artificial Intelligence Asissten Virtual SIRI dan AI ChatGPT memiliki perbedaan pada tujuan, fungsi, cara kerja dan cara merespon setiap perintah serta pertanyaan yang diberikan. Siri adalah sebuah fitur resmi canggih yang dapat digunakan oleh para penggua Apple untuk menjalankan semua perintah dan melakukan tugas tugas sehari hari.

Namun Siri bukanlah Alat yang tepat jika anda menginginkan  percakapan yang panjang mendetail dan jawaban yang deskriptif, nah disinilah ChatGPT melengkapinya. jadi jangan membandingkan  kedua AI tersebut karena keduanya memiliki perbedaan perbedaan tersebut namun tetap dapat membantu kehidupan anda supaya lebih mudah, cepat dan nyaman.







No comments:

Post a Comment