5 Point Penting Penyebab Akun WhatsApp Di Banned Atau Di Blokir

 

mengembalikan wa yang di banned

WhatsApp adalah salah satu aplikasi paling populer yang digunakan oleh masyarakat indonesia, dengan menggunakan aplikasi whatsapp orang orang akan dengan mudah berkomunikasi mengirim pesan, panggilan telfon maupun panggilan video secara gratis. WhatsApp dapat dengan mudah kita gunakan di berbagai device seperti hp, komputer, tablet dan perangkat lainnya secara online. 

Walaupun WhatsApp sudah memberikan berbagai fitur secara cuma cuma atau gratis namun para pengguna malah menjadikan Platform perpesanan ini sebagai alat untuk kejahatan seperti spam, menyebarkan hoax, menyebarkan phising atau malware, dan lain sebagainya. Bahkan ada juga yang mengclone atau memodif atau mengoprek platform tersebut agar sesuai dengan kemauan para developer wa mod. 

Semua hal tersebut hanya menimbulkan pelanggaran ketentuan penggunaan WhatsApp yang dapat mengakibatkan nomor WhatsApp kalian terblokir atau terbanned oleh pihak WhatsApp. Tentu saja hal tersebut dapat merugikan kita karena nomor ponsel kita sudah tidak bisa menggunakan whatsapp, otomatis semua kontak teman, klien bisnis dan lain lain terputus komunikasi yang dapat menggangu komunikasi keseluruh orang yang kita kenal. Mengapa WhatsApp dengan mudah memblokir atau membanned nomor wa kita ?. Mari kita simak beberapa pelanggaran sehingga nomor kalian di blokir oleh pihak WhatsApp.

Apa alasan WhatsApp memblokir/banned nomor pengguna ?

1. Melakukan spam yang berlebih.

Melakukan pengiriman pesan secara berlebih dapat terdetek oleh WhatsApp sehingga dapat berakibat pemblokiran atau banned nomor oleh pihak WhatsApp. Ketika anda mengirim broadcast pesan yang begitu banyak dengan waktu singkat, pihak WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi perilaku tersebut sebagai spam atau bot, hal tersebut guna untuk melindungi para pengguna Whatsapp dari penyalahgunaan. Oleh sebab itu disarankan untuk para pengguna hindari perilaku spam karena berakibat nomor whatsapp akan terbanned atau terblokir. 

2. Penggunaan WhatsApp Mod/WhatsApp tidak resmi.

Penyebab pemblokiran nomor WhatsApp yang berikutnya yaitu penggunaan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi atau sudah dimodifikasi. WhatsApp mod di ciptakan oleh pihak ketiga yang bertujuan untuk menambah fitur atau tampilan sehingga sesuai dengan kemauan mereka. Meskipun hal tersebut sangat menarik untuk dipakai karena memiliki berbagai fitur tambahan namun WhatsApp mod juga dapat memiliki resiko dan lebih rentan terhadap peretasan bagi para penggunanya. Selain itu juga WhatsApp tidak resmi di khawatirkan memiliki malware khusus sehingga dapat membocorkan data data pribadi penggunanya. Oleh sebab itu pihak dari WhatsApp benar benar akan membasmi akun akun yang memakai WhatsApp tidak resmi tersebut.

Disarankan untuk para pengguna agar menggunakan WhatsApp resmi untuk menjaga akun agar tidak terbanned atau terblokir sehingga data privasi anda terlindungi.

3. Terlalu banyak laporan/report dari pengguna lain.

Pada masalah ini pengguna dimaksudkan untuk menjaga setiap tingkah laku ketika online agar sesuai dengan etika dan ketentuan dari pihk WhatsApp. Ketika seseorang melakukan pelanggaran ketentuan yang berlaku maka banyak orang yang bisa melaporkan konten atau perilaku kepada pihak WhatsApp sehingga akun dapat terbanned/terblokir. Semakin banyaknya report dari banyak pengguna WhatsApp lain maka semakin besar pula akun WhatsApp akan cepat terbanned. 

Pelaporan yang tidak beralasan namun dengan sengaja  melaporkan secara terus menerus salah satu akun WhatsApp, hal tersebut juga dapat mempengaruhi pemblokiran akun WhatsApp. Maka dari itu kita harus sangat berhati-hati dalam berinteraksi dengan pengguna lain karena banyak diantara mereka yang akan berniat jahat kepada kita.

Jika akun tiba tiba terbanned dengan alasan yang tidak masuk akal dan tidak terbukti silahkan ajukan banding dengan menghubungi dukungan pelanggan WhatsApp untuk menjelaskan permasalahan tersebut. 

4. Melakukan perpesanan yang mengandung SARA.

Platform WhatsApp adalah platform yang sangat menjaga komitmen untuk melindungi kebersihan konten konten yang memicu konflik dan diskriminasi sosial, ras, agama dan suku. Mengirim pesan yang menimbulkan perpecahan karena perbedaan suku, agama dan golongan atau disebut juga SARA adalah tindakan yang dapat menyebabkan akun WhatsApp terbanned/terblokir.

Mengapa hal itu bisa terjadi ?. Karena ketika ada seseorang melakukan SARA dengan mengirimkan konten atau pesan yang melanggar ketentuan WhatsApp tersebut, maka WhatsApp dapat dengan mudah mengumpulkan berbagai laporan pengguna lain guna untuk menindak lebih lanjut secara tegas para pelaku SARA termasuk dapat memblokir atau membanned akun nomor WhatsApp. 

Sangat perlu kesadaran dan beretika ketika kita ingin mengirim konten atau pesan bahwa tulisan tulisan tersebut tidak mengandung diskriminasi, perpecahan, merendahkan atau merugikan seseorang berdasarkan suku, ras, agama mauapun golongan. Menjauhi pesan yang bersifat SARA adalah kunci dari amannya akun WhatsApp agar tidak terbanned.

5. Melakukan pesan ilegal/kegiatan ilegal di WhatsApp.

Selain mengirim spam yang dapat melanggar ketentuan WhatsApp, perpesanan juga dapat disalahgunakan secara ilegal untuk menjual produk dan layanan serta mencari dana secara ilegal, untuk melancarkan peredaran narkoba, perdagangan manusia bahkan dapat digunakan untuk menipu pengguna WhatsApp lain. 

WhatsApp bertujuan kuat untuk memberantas pesan pesan spam dan akun yang terlibat dalam perilaku ilegal semacam ini. WhatsApp akan menindak segala macam nomor yang terlibat dalam aktivitas ilegal tersebut secara tegas. Akun akun WhatsApp terbanned atau terblokir adalah tindakan yang pertama oleh pihak WhatsApp untuk para pelaku kejahatan dan agar lingkungan WhatsApp dapat tetap terjaga aman dan nyaman.

Untuk menjaga akun WhatsApp tetap aman dan terhindar dari pemblokiran, diperlukan komitmen dari diri sendiri dalam berperilaku baik, beretika dan mematuhi segala macam aturan yang telah ditetapkan oleh pihak WhatsApp. 

Demikian adalah beberapa penyebab utama akun WhatsApp terbanned atau terblokir. Secara umum menurut ilalfa penyebab penyebab akun yang terbanned adalah orang orang yang melanggar seperti penjelasan diatas. Akhir akhir ini pihak WhatsApp sedang genjar genjarnya memwarning para pengguna bahkan sampai langsung memblokir nomor pengguna ketika didapati melanggar ketentuan platform WhatsApp. Selalu jaga etika dan sopan santun ketika di dunia online agar tercipta lingkungan internet yang aman nyaman dan bersih.

No comments:

Post a Comment