Waspada Malware Xloader Pencuri Data Pengguna Android

malware hp android

Waspada malware menyerang android untuk mencuri data

    Malware varian baru ini berjalan di system operasi android dengan menyamar atau disisipkan di dalam aplikasi android. Kemudian malware ini akan bekerja ketika pengguna menginstall aplikasi tersebut untuk mencuri data data sensitif atau melakukan phising. Malware ini dikenal dengan malware android Xloader, begitu berbahayanya malware ini karena dapat secara otomatis berjalan dilatar belakang setelah berhasil diinstal oleh pengguna.

Apa itu Xloader Malware ?

    Malware Xloader atau dapat dikenal dengan MoqHao adalah jenis Malware pada system operasi android yang di kembangkan dan diduga di buat oleh anggota kejahatan siber yang bernama Roaming Mantis. Para penjahat siber melakukakn serangan dengan malware ini menargetakan pengguna dari AS, Inggris, German, Jepang, Prancis bahkan sampai saat ini mereka menyerang wilayah asia lainnya.

    Malware android xloader ini biasa ditemukan secara otomatis yang dijalankan pada perangkat terinfeksi virus malware tersebut. Tidak butuh interaksi dari pengguna android, malware ini secara otomatis akan bekerja. Para pelaku kejahatan biasa mendistribusikan malware xloader lewat pesan sms yang berisikan link situs guna mengirimkan file aplikasi untuk di download dan di install pada perangkat andorid korban.

Bagaimana malware Xloader ini dapat bekerja ?

    Peneliti keamanan siber dunia melakukan penelitian dan pelaporan terkait malware bahwa varian terbaru xloader malware memiliki kemampuan jauh lebih canggih karena malware ini dapat bekerja secara otomatis ketika pengguna selesai instalasi. Kemampuan tersebut memungkinkan xloader dapat berjalan secara senyap bekerja dilatar belakang dan dengan cepat akan mencuri data data informasi sensitif para pengguna.

    Cara kerja MoqHao standard yaitu si pelaku siber mengirim sms-pengguna mengklik link-download-install aplikassi-launch/menjalankan-approve permissions/perijinan-Kejahatan Dimulai

    Sedangkan cara kerja MoqHao modern adalah malware ini dapat bekerja secara otomatis ketika pengguna hanya install atau memasang aplikasi tersebut alias tanpa launch/menjalankan aplikasi malware tersebut secara otomatis akan melakukan aktifitas berbahaya.

Perintah perintah berbahaya yang terdapat di dalam malware xloader.

    XLOADER dapat menciptakan saluran khusus notifikasi untuk melakukan serangan phising kepada perangkat android. Uniknya malware ini memiliki kemampuan menjalankan berbagai perintah seperti : 

1. Getsmskw : berfungsi mengirim semua pesan sms ke server malware termasuk pesan otp rahasia, informasi bank dll yang bersifat sensitif

2. Getphoto : berfungsi untuk mengirim foto yang berakibat privasi pengguna akan tersebar

3. Gcont : berfungsi sebagai pengcopy daftar kontak telfon yang dapat digunakan untuk menargetkan phising ke korban selanjutnya

4. Sendsms : kemampuan malware untuk mengirim sms guna untuk menyebarkan phising dan malware

5. Getphonestate : malware ini dapat mengumpulkan identitas perangkat termasuk imei, nomor hp, nomor seri andorid yang memungkinkan malware melakukan pelacakan.


    Dengan semakin berkembangnya malware varian baru, pengguna dituntut untuk lebih waspada ketika menggunakan sebuah perangkat. Pada umumnya perangkat yang terkena malware adalah perangkat yang dipakai oleh masyarakat awam yang tidak waspada dan gampang mudah percaya. Oleh sebab itu perlu adanya kewaspadaan tersendiri seperti tidak mudah percaya akan tawaran tawaran yang dikirim lewat pesan, tidak asal klik situs situs yang tidak jelas, jangan asal mendownload dan menginstall aplikasi dari sumber yang tidak jelas, jangan memodif perangkat karena dapat memberi celah kepada serangan virus atau malware dan aktifitas aktifitas lain yang perlu kita waspadai.

    Segala jenis kejahatan di dunia internet sebenarnya dapat kita cegah dengan kewaspadaan sembari dengan meningkatkan pengetahuan karena semakin bertambah tahun pasti teknologi akan berkembang pesat yang tentunya dibarengi oleh kemajuan kemajuan kejahatan dunia siber di segala media sosial dan internet. Demikian informasi singkat yang dapat ilalfa sampaikan semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kewaspadaan kita dalam memakai perangkat seluler serta waspada ketika beraktifitas di internet.

No comments:

Post a Comment