10 Fitur dan Trik Mozilla Firefox Untuk Meningkatkan Pengalaman Browsing Anda

Fitur Serta Tips dan Trik Rahasia Untuk Meningkatkan Pengalaman Browsing Anda Dengan Mozilla Firefox


tips dan trik firefox

    Firefox atau disebut juga Mozila Firefox merupakan salah satu browser web open source yang memiliki banyak fitur. Mozilla bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak Browser yang kecil, cepat, sederhana, dan bisa dikembangkan lagi. Banyak sekali fitur fitur yang ditawarkan Firefox diantaranya yaitu penggunaan tab browsing, penjelajahan web pribadi, pengunduhan, Pemblokir Pop Up dan masih banyak lagi. Firefox juga menerapkan standart web, HTML 5 dan 4, XML, XHTML, CSS, JavaScript dan Dom.

10 Fitur keren dan berguna yang terdapat pada Platform Browser Firefox | iLaL'fa.com

    Jika anda adalah pengguna mozilla firefox di smartphone atau komputer, dibawah ini adalah beberapa fitur, tips dan trik untuk meningkatkan pengalaman menjelajah internet anda dan membantu anda untuk mengoptimalkan penjelajahan web firefox anda.

1. Kirim Jendela Tab ke Perangkat lain

    Untuk menggunakan fitur mengirim tab latar belakang anda diharuskan untuk login akun terlebih dahulu. menurut saya ini sangat berguna ketika anda ingin melihat halaman pada sebuah situs di perangkat lain guna untuk melanjutkan pekerjaan atau aktifitas anda pada perangkat sebelumnya.

    Jika anda mengirimkan halaman ke komputer lain, klik kanan pada Tab atas kemudian pilih Bagikan atau Send Tab To Device, lalu pilih perangkat yang sudah anda daftarkan. Untuk pengguna Smartphone, buka tab halaman yang ingin anda bagikan, kemudian pilih Kirim Ke Perangkat dan pilih perangkat yang sudah terdaftar.

kirim tab ke perangkat lain firefox

2. Cari dan buka Tab atau Bookmark secara cepat

    Ketika anda ingin membuka sebuah halaman tab yang begitu banyak bahkan sampai tampilan tab mengecil sehingga tulisan dari judul halaman situs yang anda kunjungi sampai tidak terlihat hal tersebut pasti sangat menyulitkan kita untuk beralaih ke Tab yang kita butuhkan. 

    Tetapi dengan adanya Search Shortcut Firefox ini anda bisa dengan mudah beralih ke Tab yang anda cari. untuk beralih atau pindah ke Tab yang anda inginkan cukup tekan Tab Baru kemudian ketikan % diikuti spasi, otomatis anda akan disajikan beberapa nama situs yang sedang anda buka. jika Tab atau Bookmart anda sudah temukan, anda akan disajikan saran web yang dicari, anda tinggal klik "Pindah Tab".

buka tab firefox cepat

3. Sinkronkan Data untuk seluruh Perangkat

    Sinkronkan Data Firefox mendukung untuk semua perangkat anda. Jadi jika anda memiliki lebih dari satu perangkat dan perangkat tersebut semuanya menggunakan Firefox anda bisa Sinkronkan Data anda hanya dengan menggunakan satu Akun Firefox. Dengan demikian, memungkinkan anda dapat mengakses semuanya walaupun berbeda perangkat, Mulai dari bookmark, riwayat, tab tebuka, kata sandi tersimpan, dan lain lain semuanya bisa anda akses di semua perangkat.

    Dibutuhka akun Firefox untuk menyinkrokan data browser anda. Caranya pastikan anda sudah login akun firefox, kemudian masuk ke Setting dan pilih Sync, lalu pilih Sinkronkan Sekarang.

sinkronisasi firefox

4. Buka kembali Tab yang sudah tertutup

    Kita semua pasti pernah mengalami baik itu sengaja atau tidak sengaja yaitu menutup sebuah Tab padahal tab tersebut masih digunakan kita untuk hal hal yang penting. meskipun anda bisa membuka kembali Tab tersebut dengan menggunakan fitur Riwayat namun hal tersebut memerlukan beberapa langkah. 

    Beda halnya jika anda menggunakan Firefox, jika anda tidak sengaja menutup sebuah Tab di Firefox, Anda Dapat langsung membuka kembali Tab tersebut dengan menggunakan Shortcut Keyboard sederhana. berikut adalah cara untuk membuka halaman Tab yang sudah tertutup pada Firefox secara cepat, Pertama Buka Tab Baru kemudian Tekan Shortcut Keyboard Command+Shift T atau Ctrl+Shift T. Otomatis Tab Tab yang sudah tertutup akan terbuka kembali satu per satu. 

control shift t firefox

5. Ambil Tangkapan Layar 

    Dengan fitur ini anda tidak perlu lagi menggunakan fitur screenshot pada komputer anda karena didalam Firefox menyediakan fitur Tangkapan Layar untuk mengambil gambar saat anda menjelajah halaman Web dengan lebih mudah. Hal ini berguna sekali jika anda ingin berbagi, menyimpan, membuat catatan pengalaman menjelajah halaman Web yang anda akses. 

    Untuk menggunakan fitur ini, ketika anda sudah berada dihalaman yang ingin anda Screenshot, Klik kanan pada halaman tersebut, lali pilih Ambil Screenshot atau Buat Tangkapan Layar. Kemudian jika anda ingin langsung menyimpan tangkapan tersebut tinggal klik Simpan Halaman Penuh atau jika anda ingin mengatur ukuran gambarnya anda tinggal pilih Simpan Yang Terlihat.

tangkapan layar mozilla firefox

6. Gunakan Fitur PiP ketika Menonton saat melakukan Multitasking

    Fitur PiP pada Firefox atau bisa disebut juga Picture-in-Picture adalah fitur untuk memisahkan video yang sedang anda tonton dari sebuah Tab Bowser, Sehingga anda masih dapat menonton di jendela halaman lain sambil anda melakukan pekerjaan lain.

    Fitur ini sangat berguna sekali jika anda memiliki beberapa pekerjaan tetapi anda juga ingin mengikuti video tersebut untuk keperluan pekerjaaan anda yang merujuk pada video tersebut. Mulai putar video yang anda inginkan di Tab baru, arahkan kursor ke video tersebut, otomatis akan muncul ikon PiP, lalu klik icon tersebut. Otomatis pemutaran video tersebut akan terpisah pada layar berbeda, anda bisa seret jendela layar video tersebut kemanapun yang anda inginkan.

fitur pip firefox

7. Kembalikan Sesi Halaman Sebelumnya

    Sama halnya dengan buka Tab halaman yang sudah tetutup , Firefox juga menyediakan fitur kembali ke halaman sebelumnya. Dengan fitur ini memungkinkan anda memulihkan semua halaman tab yang sebelumnya telah dibuka dengan catatan anda belum keluar dari aplikasi Firefox.

    Hal ini berguna sekali jika anda secara tidak sengaja menutup aplikasi Firefox atau anda perlu memulai ulang Firefox setelah pembaruan. Anda bisa memulihkan Tab halaman yang sebelumnya anda sedang mengaksesnya atau dengan kata lain anda bisa me Restore Halaman yang sebelumnya anda akses. Buka Firefox kembali kemudian pilih History lalu pilih Restore Previous Session.

kembalikan sesi halaman firefox

8. Merubah Artikel Menjadi Suara

    Sama seperti peramban weeb lainya, Mozilla Firefox juga menyediakan fitur Tampilan Pembaca. namun beda dengan yang lain, Firefox menawarkan beberapa fitur tambahan untuk mode Tampilan Membaca.

    Salah satu fitur tersebut yaitu kemampuan membuat artikel blog membacakan dengan menggunakan suara. menurut saa ini adaah fitur yang sangat beguna yang dapat anda gunakan saat sedang mengikuti artikel blog tersebut atau berita yang anda tidak mampu untuk membacannya sendiri karena terdapat kesibukan lainnya.

    Jika anda ingin menggunakan fitur ini, anda harus mengaktifkan Tampilan Pembaca dengan mengetuk ikon Tampilan Pembaca di pilihan Alat. setelah itu, anda klik ikon Headphone kemudian tekan tombol putar agar artikel tersebut dapat dibacakan oleh system robot Firefox.

9. Menjaga Privasi Anda Dengan Menggunakan Fitur DNS Pribadi Firefox

    Banyak sekali alamat web atau nama domain di internet yang aman, namun tidak sedikit pula alamat web internet tidak aman yang dapat mengakses data privasi anda. untuk menjaga privasi anda, Firefox menawarkan keamanan penelusuran dengan menggunakan DoH. DNS atau DNS over HTTPS adalah protokol system yang dapat mengirimkan kueri DNS melalui HTTPS untuk mencegah siapapun yang akan mengakses data privasi anda.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, anda buka Pengaturan-Umum. lalu cari ke bawah, pilih Pengaturan Jaringan, klik Pengaturan, kemudian centang kotak Aktifkan DNS melalui HTTPS. Langkah selanjutnya yaitu pilih penyedia DNS Pribadi lalu tekan Ok.

10. Menghapus Riwayat Penjelajahan Dengan Cepat

    Pada umumnya menghapus riwayat penjelajahan pada browser perlu serangkain langkah. Beda halnya dengan Mozilla Firefox, anda dapat menghapus riwayat dengan sekali klik.

    Jika anda ingin menggunakan fitur ini, mulailah dengan menambahkan tombol Lupakan ke bilah tugas anda. Klik menu garis 3 pada pojok kanan atas dan pilih Alat Lainnnya, kemudian klik Sesuaikan Bilah Alat. Lalu setelah halaman terbuka, seret Fitur Lupakan ke area bilah alat. Dengan melakukan hal diatas, anda dapat mengetuk tombol Lupakan kapan pun anda inginkan untuk menghapus data penjelajahan.

    Demikian adalah sedikit ulasan tentang beberapa fitur, tips dan trik untuk anda pengguna Mozilla Firefox yang dapat membantu dan mengoptimalkan pengalaman penjelajahan web anda. Mozilla Firefox adalah salah satu peramban web handal yang didukung dengan fitur fitur dan trik yang telah disediakan. Bukan hanya fitur fitur yang menarik, Firefox juga mendukung Ekstensi  pihak ketiga yang dapat anda gunakan untuk memperluas fungsinya. 

semoga bermanfaat.. sekian terima kasih...



No comments:

Post a Comment