Beberapa Pertimbangan Dalam Memilih Sebuah ISP Yang Bagus

tips memilih isp
Inilah 8 Tips yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih sebuah ISP/Internet Service Provider :

  1. Bandwith
  2. Memiliki Backbone
  3. Memiliki Server Proxy
  4. Kecepatan Transfer Data
  5. Biaya Layanan
  6. Keamanan Data
  7. Teknologi yang Digunakan
  8. Hardware

Uraian

Pada kali ini kami akan berbagi sedikit Tips dalam mempertimbangkan pemilihan sebuah ISP untuk keperluan anda sehari hari agar sesuai dengan harapan dan kebutuhan temen temen.

Beberapa pertimbangan dalam pemilihan sebuah ISP

1. Bandwith

bandwidth merupakan hal yang penting yang harus anda pertimbangan dalam memilih sebuah ISP. bandwidth adalah besaran saluran yang menunjukan banyaknya data data yang secara bersama sama mentransfer dalam koneksi melalui sebuah network. bandwidth bisa diibaratkan sebuah jalan yang akan dilewati banyaknya kendaraan secara bersama sama. semakin besar ukuran jalan maka laju kendaraan akan semakin cepat dan lancar, sebaliknya jika jalan berukuran kecil maka kendaraan akan lambat dalam menempuh perjalanan. maka dari itu kita harus mengetahui batas bandwidth yang disediakan oleh ISP agar kita juga dapat mengetahui kemampuan ISP tersebut dalam mentransfer data.

2. Memiliki Backbone

backbone adalah saluran koneksi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan dengan kecepatan tinggi. Pembuatan sebua backbone umumnya dapat memakan biaa yang cukup besar dan memerlukan teknologi yang cukup canggih. maka dari itu, rata rata ISP akan menyewa teknologi backbone dari perusahan perusahan besar atau bersama sama menggunakan backbone dengan berbagai penyedia ISP lainya. Kekurangan dari penggunaan backbone secara bersama sama yaitu akan mengurangi kecepatan transfer data.

3. Memiliki Server Proxy

proxy server digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang terhubung ke jaringan publik yaitu internet. proxy server yang berfungsi sebagai alat pengamanan jaringan pribadi umumnya disebut dengan firewall. server proxy pada ISP juga sebagai indeks yang dapat menyimpan alamat riwayat pengguna yang sekiranya penting, dengan adanya server proxy ini pelanggan dapat mengakses web favorit dengan lebih cepat. Server Proxy dapat menghemat bandwidth, meningkatkan keamanan data, dan meningkatkan kecepatan surfing internet.

4. Kecepatan Transfer Data

kecepatan transfer data dari server internet ke sebuah perangkat komputer anda sangat bergantung kepada kecepatan transfer data dari penyedia provider ISP yang digunakan. kecepatan akses internet sama dengan kecepatan transfer data yang menunjukan jumlah data dalam satuan bit yang dipindahkan dari satu komputer  ke komputer lain dalam satu detik. Ada beberapa yang dapat mempengaruhi kecepatan transfer data, diantaranya yaitu unit komputer yang digunakan, jenis modem, jaringan komunikasi untuk akses internet, jumlah pengguna dan lain lain.

5. Biaya

Biaya adalah salah satu hal yang penting untuk mempertimbangkan dalam pemilihan sebuah ISP. temen temen harus mencari tahu terlebih dahulu untuk system pembayaranya, pulsa telfon dan biaya akses. Namun, ada banyak penyedia ISP yang menawarkan system pembayaran Paket.  pembayaran system paket umumnya lebih murah dari pada sistem pembayaran per waktu pengguaan.

6. Keamanan Data

tidak asing bagi kita bahwa aktifitas surfing di internet adalah salah satu hal yang rawan diserang oleh penjahat dunia internet. Mulai dari pembajakan, perusakaan, penyadapan, cracking, phreaking dan hacking serta aktifitas ilegal lainya yang cenderung bersifat negatif dan merugikan orang lain. sebab itulah kita harus pintar pintar memilih sebuah ISP, pastikan bahwa ISP yang kita pilih telah menggunakan sistem keamanaan yang bagus dan firewall yang baik.

7. Teknologi yang Digunakan 

salah sau kemajuan teknologi yaitu terdapat juga pada ISP. ISP awalnya menjual koneksi internet melalui jaringan telepon, oleh sebab itu ISp terkenal dengan jaringan telepon waktu dulu. Seiring perkembangan jaman,  teknologi ISP berkembang pesat yang tidak hanya menyediakan jaringan internet menggunakan jaringan telepon tetapi juga menggunakan teknologi seperti Fiber Optik dan Wireles. Penyedia ISP memiliki salah satu media teknologi internet yang dipilih untuk melayani semua pelangganya. Ada berbagai macam teknologi yang tersedia saat ini, tetapi hanya beberapa yang cukup populer untuk digunkan. Diantara teknologi ISP tersbut misalnya : serat fiber, HFC, Kabel Telepon, Wireless, Satelit, WiMax, 3G, GPRS, HSPDA dan lain lain. Kita perlu memperhatikan teknologi tersebut dalam memilih sebuah ISP, Ada beberapa hal yang pantut anda pertimbangkan dalam teknologi tersebut diantaranya  yaitu Volume Based, Time Based dan Unlimited atau Flat Rate.

8. Hardware 

hardware adalah sebuah perangkat keras untuk mengakses sebuah jaringan internet yang digunakan di berbagai  Platform. fungsi dari hardware tersebut untuk menghubungkan komputer atau ponsel kita ke jaringan internet. untuk memastikan pnerimaan layanan ISP sangat perlu diperhatikan dalam hal memilih Harware yang meiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita, seperti kemampuan kecepatan dan rasio pelanggan harware tersebut. Salah satu contoh hardware untuk mengakses internet pada jarinan ISP yaitu Wifi card, Ethernet Card, Kabel Internet, Router, Modem dan lain sebagainya.

Demikian 8 Tips yang saya rangkum yang dapat anda pertimbangkan dalam memilih sebuah ISP yang baik dan bagus. semoga bermanfaat dan dapat membantu temen temen semua. (ilal'fa-dari berbaga seumber terpercaya)

No comments:

Post a Comment