Cara Mengatur Setelan Blog Baru Agar SEO Friendly | Setelan Blogspot

 Cara Mudah Custom Setelan Blogspot Agar Lebih SEO Friendly

settingan blog baru

    Blog yaitu berasal dari kata Web log yang mempunyai arti sebuah situs website  yang didalamny terdapat log atau catatan berupa tulisan, artikel, makalah, jurnal, foto, video dan segala informasi didalamnya yang selalu diupdate secara berkala. Pada umumnya sebuah blog berisi tulisan atau artikel yang di buat ada platform penyedia website secara gratis seperti blogger.com atau berbayar contohnya wordpress.com. Di dalam artikel postingan blog yang telah dipublikasikan biasanya terdapat media pendukung seperti gambar atau video atau link yang bertujuan untuk memeperjelas maksud informasi yang kita tulis untuk pembaca. --ilalfa.com

Perbedaan website dengan blog

Website adalah  sekumpulan situs halaman web yang terdapat pada domain utama atau subdomain pada jaringan internet world wide web(www). Sedangkan blog yaitu jenis situs web yang berisi konten sesuai topik yang telah ditentukan oleh individu atau kelompok

Pengertian blogger 

Didunia Blogging tidak asing kita dengar sebutan blogger blogger, Nah Blogger ini adalah sebutan untuk seseorang yang mempunyai, membuat, dan mengelola situs blog tersebut. Blogger juga sebuah nama layanan blogging yang di luncurkan oleh google, dengan alamat blogger.com. Jika temen temen ilalfa membuat blog di Blogger.com biasanya mendapat domain khas blogger yaitu blogspot.com secara gratis.

Pengertian blogging

Blogging adalah kegiatan aktifitas manusia untuk membuat, mengelola, menulis, menambah, memperbarui  dan mempulikasikan kontem konten denga topik tertentu pada sebuah blog.  Kegiatan seperti ini dilakukan oleh blogger secara online di platform gratis atau berbayar dengan tujuan hoby atau bisnis.

Sejarah Singkat Blog 

Platform blog pertama kali dibuat oleh blogger dengan alamat situs blogger.com pada agustus tahun 1999. Kemudian pada tahun 2003 blogger.com diambil alih oleh google. Jorn Barger adalah tokoh yang berjasa dalam sejarah blog, beliau memulai sejarah blog dengan menciptakan istilah "Weblog" pada tanggal 17 Desember 1997.

Pada awalnya aktifitas blogging banyak dilakukan oleh media media berita dan informssi.Tujuan dari media media tersebut sama halnya dengan koran yang lebih dulu  untuk mengabarkan sebuah berita dan informasi. --ilalfa.com

Tetapi seiring berkembangnya waktu, blogging berkembang pesat menjadi platform untuk semua kalangan menyalurkan hoby, bakat menulis dan berbagi informasi bahkan sampai bisa menghasilkan uang dari blogging.

Tips Untuk Melangkah Ke Dunia Blogging

1. Menentukan tujuan blogging

Mengapa menentukan tujuan itu penting ?.. karena dengan anda mempunyai sebuah tujuan blogging, anda akan lebih terarah untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blogging. Banyak sekali tujuan seorang blogger, misalnya hanya sekedar hoby, untuk menyalurkan bakat menulis, tujuan berbagi ilmu dan pengalaman atau untuk tujuan bisnis anda. Semua kesuksesan pasti tercapai dalam dunia blogging jika anda mempunyai tujuan agar lebih fokus dan terarah.

2. Menentukan Platform Blog

Tentukan terlebih dahulu  Platform Blogging gratis maupun berbayar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda. ada banyak sekali Platform Blogging seperti Blogger yang gratis dan Paltform Wordpress yang berbayar. Semua pilihan tergantung dari kemampuan dan budget temen temen semua. Jika anda pemula serta ingin yang gratis berarti anda bisa memakai blogger, agar lebih profesional anda bisa mengubah nama domainya dengan membeli ke penyedia nama domain. 

3. Menentukan Topik Pembahasan Blog

Untuk Topik pembahasan, temen temen bisa menyesuaikan dengan bakat, keahlian dan pengalaman yang anda miliki. Semakin mahir bakat yang anda dan semakin banyak pengalaman, anda bisa dengan mudah membuat banyak konten tulisan yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. bukan hanya dari bakat dan pengalaman, anda juga dapat membuat sebuah konten berdasarkan topik yang sedang trend atau populer. --ilalfa.com

4. Buatlah Desain Tampilan Blog yang Menarik

Salah satu faktor Pengunjung betah membaca dan berkunjung di website anda adalah didukung oleh Desain sebauh Blog tersebut. Buatlah desain blog sesuai dengan pembaca yang anda tuju. Sebaiknya gunakan Template blog yang sudah SEO Friendly dan sesuai dengan topik pembahasan blog. Jika anda cukup uang, gunakan Template Premium berbayar karena memiliki banyak fitur. Jika tidak ingin berbayar, anda bisa memakai template gratisan di internet yang bisa di download secara gratis

5. Buatlah Konten yang Berkualitas

Disini temen temen harus memperhatikan konten yang anda buat. jangan membuat konten secara asal asalan dan jangan copy paste konten karena hal tersebut hanya membuang buang waktu anda serta dapat terkena pelanggaran hak cipta. Konten yang terbilang asal asalan tidak disenangi oleh mesin telusur bahkan akan lama untuk di index. Buatlah konten yang berkualitas hasil dari karya anda sendiri, perhatikan juga aturan aturan penulisan agar enak dibaca, informatif, bermanfaat dan menarik serta perhatikan juga aturan aturan Seo Artikel. Konten berkualitas akan mendatangkan banyak visitor untuk membaca artikel anda dan juga pastinya akan menambah pundi pundi uang dari hasil addsense.

6. Optimasi SEO

Persiapkan diri anda untuk belajar SEO guna untuk mengoptimalkan website anda agar lebih berkualitas dan dapat bersaing dengan web web besar. Lakukan Optimasi SEO pada Desain dan Konten konten pada Blog temen temen semua.

7. Perluas Jaringan Blog

untuk mengembangkan hubungan jaringan blog temen temen semua agar lebih luas dan terkenal, temen temen bisa memanfaatkan media sosial dan forum forum untuk dapat berinteraksi dengan audiens mengenalkan blog anda. Bila perlu jalin kerja sama Guest Post ke sesama blog dengan topik yang sama. Saling tanam Backlink dengan website lain yang berkualitas.

Itulah sedikit Tips dari iLaLfa tentang langkah langkah untuk terjun di dunia Bloging sebagai pemula agar lebih fokus dan terarah untuk mencapai kesuksesan didunia blogging. Temen Temen selanjutnya dapat mengikuti pembahasan iLalFa.com tentang bagaimana si caranya meng custom settingan Blog di Platfrom Blogspot atau Blogger.com agar lebih ramah SEO. Simak pembahasannya dibawah ini..

Cara Mudah Custom Pengaturan Blogspot Supaya Lebih SEO

Pada kesempatan kali ini iLaLfa akan membahas tentang pengaturan pada Blogspot agar lebih ramah SEO. mengapa Blogspot ?. Karena pada umumnya para pemula yang terjung di dunia blogging akan lebih banyak menggunakan Platform Blogger atau Blogspot. Selain karena Platform tersebut gratis, Blogspot juga lebih mudah dalam penggunaanya untuk anda yang ingin terjung ke dunia Blogging dibanding dengan Platform berbayar yang harus belajar tentang Hosting sendiri seperti Wordpress. 

Untuk mendaftar Blogspot temen temen tidak perlu repot repot harus menyediakan hosting, anda tinggal klik mendaftar dengan menggunakan akun gmail temen temen, sayangnya iLaLfa saat ini belum membuat tutorial bagaimana caranya membuat Blog Website di Blogger.com. Temen temen bisa mencari tutorialnya di google atau di youtube.

Kemudian ketika temen temen selesai mendaftar, hal berikutnya yang perlu anda lakukan yaitu mengatur atau meng custom pengaturan Blogspot agar lebih SEO dan ramah mesin pencari google. Berikut adalah tata cara untuk custom settingan Blogspot agar lebih ramah SEO :

Cara Mudah Custom Pengaturan Blogspot Agar Lebih Ramah SEO

  • Pertama yang mesti temen temen lakukan tentunya masuk ke Menu Setelan pada halaman dasboard  Blogspot. kemudian ubah Deskripsi dan Bahasa Blog.

1. Atur Deskripsi Blog.

deskripsi blog

Apasih Deskripsi Blog ? Deskripsi sebuah blog adalah tulisan keterangan singkat, padat dan jelas yang memuat isi pokok tentang pembahasan Blog. Tujuan dari pengaturan deskripsi blog yaitu sebagai penjelasan kepada audiens tentang apa saja yang kita tulis di dalam blog tersebut. sebenarnya pengisian deskripsi tidak terlalu diharuskan, tetapi alangkah baiknya temen temen isi agar audien lebih tetarik dan kepo berkunjung ke blog kita. Usahakan isi deskripsi blog jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, hal tersebut dimaksudkan agar deskripsi blog dapat terbaca dengan baik oleh google, tidak terpotong dan jelas inti dari deskripsi blog. Klik Save jika temen temen sudah mengisi dan mengatur deskripsi blog.

2. Ubah Bahasa ke Bahasa English/United Kingdom

bahasa blog

Pengaturan ini bertujuan untuk memunjulkan menu adsense. Dimana menu Pembayaran ini sangat penting untuk kawan kawan semua guna untuk monetasi blog anda agar dapat menghasilkan uang dari Blogging.

3. Aktifkan Izin Dapat Diakses Mesin Penelusuran

Izin ini dimaksudkan supaya Blog temen temen dapat dicari dan diakses oleh mesin pencari google.

mesin pencari blog

4. Atur Menu Komentar 

komentar blogger

pada umumnya menu komentar telah diatur secara default oleh pihak blogger tetapi alangkah baiknya temen temen untuk mengaturnya. klik pada menu " siapa yang dapat mengomentari " kemudian pilih " pengguna dengan akun google". Hal tersebut bertujuan untuk audiens yang sengaja spam ke blog temen temen agar lebih tersaring komentar komentar yang bersikap negatif.

5. Setting Tag Meta

tag meta deskripsi blog

Atur tag meta dengan mengeklik "aktifkan deskripsi penelusuran". kemudian isi Deskripsi Penelusuran seperti cara mengisi deskripsi blog atau temen temen bisa samakan isi tulisannya.

6. Atur Carwler dan Pengindeksan

crawler dan pengindeksan blog

  • Silahkan temen temen klik aktifkan Robot.txt pada menu crawler dan pengindeksan.  Custom robot.txt bertujuan agar mesin pencari google mudah untuk meng crawler blog temen temen sehingga setiap kali temen temen post artikel akan lebih cepat terindex. jika temen temen dapat mengatur dengan benar maka blog temen temen bisa menjadi SEO Friendly.
  • Lalu klik aktifkan tag header robot custom. setelah itu pilih tag halaman beranda. pada menu pilihan silahkan temen temen cek list all kemudian simapan.
  • Pada Tag Asip dan Halaman Penelusuran. cek list semua pilihan terkecuali all dan juga unavailable_after. Pengaturan ini bertujuan agar menu arsip nonaktif supaya tidak duplikat file yang mengakibatkan spam blog.
  • Kemudian pada Tag Postingan dan Halaman temen temen bisa atur dengan cek list semua pilihan lalu klik simpan.

7. Setting Feed Situs

feed blog

Pengaturan Feed bertujuan untuk mencegah orang orang membuat blog AGC yang dapat mencuri konten konten artikel temen temen untuk dipublish di blog AGC mereka. Untuk cara settinnya temen temen tingal klik Izinkan  Feed Blog kemudian pilih Pendek selanjutnya klik simpan.

Untuk pengaturan lainya silahkan temen temen biarkan saja seperti settingan default blog.

Demikian adalah sedikit pembahasan iLaLfa mengenai cara mudah custom setelan blogspot agar lebih SEO Friendly. Mungkin diluar sana banyak juga yang mebahas tentang hal tersebut yang isinya berbeda beda namun intinya tetap sama yaitu menjadikan blog kita lebih ramah SEO. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu permasalahan temen temen dalam terjun di dunia blogging

Terima kasih sudah mampir. nantikan artikel unik lainya disini bersama iLaLfa.com

1 comment:

  1. Wahhh ini bermanfaat banget kita bisa belajar seo bareng ni di kita Optimaise juga menyediakan informasi seputar SEO lho dan juga Jasa SEO barang kali kak Ilafa minat bisa kunjungi dan kontak kita ya!

    ReplyDelete