10 Alternatif ChatGPT Terbaik Yang Belum Banyak Orang Tahu

alternatif chatgpt

Ada banyak alternatif chat bot selain chatGPT yang tidak kalah canggih dan memiliki fitur fitur yang berguna untuk mmbantu kegiatan anda. Ada banak sekali fitur dan manfaat yang berbeda beda di setiap chat bot AI ini untuk menyaingi ChatGPT dari OpenAI. Dibawah ini kami sajikan 10 pilihan terbaik yang patut anda coba dan belum banyak orang menggunakanya.

Pada saat ini kemunculan ChatGPT mendominasi Trend Chat Bot AI karena kecanggihanya yang telah banyak diuji oleh para profesional dan pakar SEO. Chat Bot AI ini telah terbukti dari kecanggihan obrolan AInya dapat membuat hidup kita lebih mudah untuk melakukan aktifitas seperti halnya mengotomatiskan tugas, mengerjakan tugas, membuat konten dan meranjang atau membuat suatu projek projek tertentu.

Tetapi ChatGPT bukanlah satu satunya Chat BOT AI yang canggih, pada saat ini kita juga memiliki pesaingnya Chat BOT ini diantarana yaitu Bard dari Google, Bing dari mricrosoft, dan alternatif lainya yang menggunakan Artificial Inteligen/AI.

Pengertian ChatGPT dan Fungsinya ?

ChatGPT adalah perwujudan model kecerdasan buatan atau AI yang mempunyai kemampuan seperti pemikiran manusia yang dapat melakukan percakapan layaknya manusia dengan jawaban yang natural sesuai dengan bahasa yang telah dilatih dengan milyaran data data sehingga dapat menjawab sesuai dengan pertanyaan yang di ajukan. 

Berikut adalah beberapa tugas yang dapat anda kerjakan dengan menggunakan ChatGPT :

  • membuat atau menghasilkan konten tulisan yang menarik
Chat bot ini sangat membantu bagi para content writer karena dapat membuat artikel, makalah atau tutorial untuk kebutuhan konten blog atau website. Temen temen tinggal menentukan topiknya kemudian perintahkan chat bot tersebut untuk membuat artikel menarik. Setelah itu temen temen tinggal mengoptimasi konten tersebut sehingga lebih ramah SEO.
  • mencari jawaban atau solusi dari suatu permasalahan
Jika temen temen menemukan suatu masalaah atau ingin menyelesaikan tugas tugas yang sulit, Chat Bot ini mungkin pilihan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini karena anda dapat bertanya tentang permasalahan anda, otomatis chat bot akan menjawab sesuai pertanyaan yang diajukan layaknya anda mengobrol dengan manusia.
  • membuat script coding
Disini anda dapat bertanya atau dapat memberikan tugas kepada chat bot untuk dibuatkan sebuah script code untuk kebutuhan pemrograman anda.
  • alat untuk sumber daya pengembang
alat ini digunakan untuk membuat sebuah halaman arahan dan situs web.
  • membantu mencari tau kata kunci ide konten
Jika anda bingung menentukan ide ide konten, temen temen bisa mencoba bertanya ke Chat bot tentang kata kunci ide konten yang sering orang orang cari. 

Itulah beberapa kegunaan dari Chat GPT, mungkin fungsinya lebih luas ketika temen temen pintar menggunakan dan memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut. Setelah temen temen sering menggunakan ChatGPT kemungkinana akan menemui masalah aatau kekurangan dari chat bot tersebut yang membuat anda berfikir untuk mencari pengganti atau alternatif Chat bot AI yang lebih canggih dan mempunyai fitur fitur sesuai dengan harapan temen temen.

Ada beberapa alasan menggunakan alternatif chatGPT diantaranya yaitu untuk mendapatkan fitur fitur yang lebih canggih, mendukung berbagai bahasa sehingga dapat digunakan di negara manapun, kemudahann penggunaan, selain itu juga anda dapat lebih menghemat biaya dengan menggunakan alternatif chat bot ini.

10 Alternatif Chat Bot AI selain ChatGPT tahun 2023

Dibwah ini iLaLfa sajikan 10 Alternatif ChatGPT terbaik yang belum banyak orang gunakan untuk keperluan tugas tugas dan membantu menyelesaikan proyek proyek temen temen :

1. Google Bard.
screenshot bard

Google Bard adalah pesaing chat bot GPT yang dibuat oleh google. Layaknya ChatGPT, Bard adalah layanan percakapan AI yang didukung oleh LAMDA Google atau bahasa pemrograman untuk aplikasi dialog. Pengembangan Chat Bot ini untuk menanggapi adanya ChatGPT. Bard memiliki antar muka yang sederhana yang dapat memudahkan para penggunanya. dengan adanya Bard, Google menjelaskan bahwa Bard tidak akan menggantikan Search Engine, tetapi merupakan sebagai "pelengkap". Bard merupakan project eksperimen tahap awal yang telah memprogram chat bot dengan triliunan data agar dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan, namun Google memperingatkan bahwa chat bot ini masih banyak kekurangan sehingga dapat memberikan informasi yang tidak cukup akurat. Seiring berjalannya waktu pasti Bard dapat lebih akurat dan lebih canggih untuk menyaingi Chat Bot lain. Seperti ChatBot lainnya, dalam penggunaannya temen temen harus lebih berhati hati dengan beberapa informasi dan jawaban yang dihasilkan oleh Bard. Sayangnya Bard saat ini hanya tersedia untuk para pengguna awal sebagai eksperimen di inggris dan di AS, untuk di negara lain temen temen perlu menggunakan VPN atau mengatur lokasi anda kemudian harus bergabung terlebih dahulu melalui waitlist.

2. Jasper.ai
screenshot jasper ai

Kegunaan AI ini seperti layaknya ChatGPT yang dapat memberikan ide inspirasi untuk para konten writer, mencari kata kunci dan menghasilkan artikel yang menarik. Platform Chat Bot ini berjalan di Cloud dan memiliki pemahaman bahasa alami (NLU) yang canggih dan memiliki manajemen dialog yang bagus.

Jasper.Ai adalah Platform yang menggunakan Open's GPT versi 3.5 yang digabungkan dengan NLU internal. Hal ini sangat berguna sekali untuk layanan pelanggan, pemasaran dan penjualan.

3. Microsoft Bing Chat
screenshot bing chat

Sama seperti Bard, Microsoft Bing Chat ini masih berada dalam tahap awal atau pratinjau. Tidak kalah dengan kemunculan Chat Bot AI, microsoft juga memperkenalkan Bing yang telah ditingkatkan dengan adanya menu Bing Chat. Ada beberapa cara untuk mengakses Bing Chat diantaranya yaitu dengan tombol bing chat yang telah terintegrasi dengan microsoft edge, Alternatif kedua anda dapat mengakses situs web Bing dengan menggunakan peramban internet (www.bing.com) dengan catatan temen temen harus login microsoft terlebih dahulu.

4. ChatSonic
screenshot chatsonic

Chatsonic diciptakan oleh writesonic yang mengembangkan platform berbasis AI. Chatsonic dibuat dengan menggunakan teknologi GPT-5.5 yang diklaim sebagai versi perbaikan dan algoritma sumber terbuka. Chatsonic dapat digunakan diberbagai aplikasi dan aktifitas untuk mengotomatiskan layanan pelanggan, untuk menciptakan personalisasi layanan pelanggan dan aktifitas percakapan natural pengguna. Chatsonic juga dapt digunakan untuk membuat konten SEO, penulisan kode, edukasi pengguna dengan konten faktual dan penerjemah. Platform ini juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi konten dengan menggunakan ekstensi chrome ChatSonic dan aplikasi ChatSonic.

5. Claude (anthropic.com)
screenshot claude ai

Claude adalah Program asisten AI yang mampu melakukan bermacam macam tugas dan pemrosesan data atau teks. Claude anthropic ini dapat diakses oleh temen temen melalui antarmuka chat dan akses API pengembang claude. Platform AI ini dapat melakukan berbagai aktifitas percakapan layaknya mengobrol dengan manusia dan juga dapat mengolah teks dengan tingkat keakuratan, natural dan prediktif yang tinggi. Claude dapat membantu anda melakukan berbagai hal seperti pencarian, peringkasan, penulisan artikel makalah, tanya jawab, pengkodean dan masih banyak lagi fitur fitur yang bisa anda coba sendiri.

6. Character.ai (beta.character.ai)
screenshot beta character

dengan teknologi Character AI ini anda lebih fokus kepada kepribadian karakter AI yang bisa anda pilih untuk memberikan pengalaman pengguna ketika mengobrol dengan karakter AI yang telah dipilih.  Platform ini menyediakan berbagai pilihan dari berbagai karakter yang bisa anda coba dengan mengobrol sesuai kepribadian karakter AI tersebut.  Jika anda sedang mencari pengalaman AI yang tidak membosankan dan menghibur, mungkin ini adalah jawaban yang tepat yang patut anda coba mengenai teknologi Chat Bot AI.

7. Learnt.ai
screenshot learnt

Learnt AI adalah sebuah kecerdasan buatan yang dibuat untuk para profesional pendidikan dan pembelajaran. Menawarkan kemudahan dalam penggunaanya, Learnt AI memiliki kecerdasan buatan yang dapat meningkatkan pembelajaran dan pengembangan anda. Platform ini khusus dirancang untuk pendukung tugas tugas menulis para pekerja dibidang pendidikan, para profesional pengembang dan pembelajaran. Learnt AI dibuat dengan dukungan bahasa GPT yang membuat kecerdasan buatan dapat menghasilkan teks natural seperti anda mengobrol dengan manusia.

8. Perplexity
screenshot perplexity

Dengan Perplexity temen temen bisa menemukan berbagai informasi yang lebih akurat karena Chat Bot Perplexity akan merespon setiap pertanyaan disertai dengan link kutipan situs dan sumber dari seluruh website. Sehingga anda dengan mudah menemukan berbagai sumber data yang terpercaya dari informasi yang anda cari. Perplexity mempunyai misi yaitu ingin merevolusi cara manusia untuk mencari dan berinteraksi dengann internet dengan menciptakan antarmuka percakapan canggih dengan model bahasa besar untuk menghasilkan penelusuran yang lebih akurat dan intuitif.

9. YouChat (You.com)
screenshot you chat

YouChat adalah model kecerdasan buatan yang mirip dengan ChatGPT dengan memberikan data real time serta menyertakan sumber untuk meningkatkan keakuratan dan relevansi informasi yang dicari. Layaknya ChatGPT, pengguna dapat melakukan percakapan seperti layaknya manusia. Platform AI ini dapat menjawab pertanyaan yang rumit, memecahkan sebuah masalah dengan logis, mempelajari bahasa baru dan memproduksi konten dalam bahasa apapun.

10. NeevaAi
screenshot neeva

Sebagai penutup artikel alternatif ChatGPT kali ini yaitu ada kecerdasan buatan NeevaAI. Neeva AI adalah mesin pencari unik yang menggabungkan ChatGPT dan model bahasa besar pemrograman lainya. Platform Neeva AI menciptakan pengalaman baru dalam aktifitas penelusuran dengan memberikan pilihan data terkini dan akurasi serta presisi dalam cara anda mencari dan menjelajah internet. System Neeva AI dapat menampilkan jutaan halaman web untuk membuat jawaban yang relevan dan akurat sesuai pertanyaan yang anda ajukan dari permasalahan yang ada. Neeva AI juga mengklaim akan menjamin penelusuran yang bersifat pribadi dan bebas dari iklan serta memberikan referensi pada hasil penelusuran sehingga anda dapat bebas memilih sumber yang terpercaya pada informasi yang anda butuhkan.


No comments:

Post a Comment