Kumpulan Perangkat Lunak Pengolah Kata Yang Sering Digunakan

9 Daftar Perangkat Lunak Terbaik Untuk Mengolah Kata Yang Mudah Di Gunakan :

1. Microsoft Word 

2. WPS Office

3. Libre Office

4. Google Docs

5. Apple Pages

6. Open Office Writer

7. NotePad

8. Docs To Go

9. Zoho Writer

software pengolah kata yang mudah digunakan

ULASAN

Perangkat Lunak

Software atau Perangkat Lunak dalam bahasa indonesia adalah suatu program komputer yang di tulis dalam bahasa pemrograman  yang bertujuan untuk menjalakan tugas atau fungsi fungsi tertentu di komputer atau perangkat lainnya. Perangkat Lunak mempunyai peran penting dalam mendukung dunia teknologi, Software ini terbukti dapat mempermudah aktifitas manusia, meningkatkan produktifitas, memecahkan berbagai permasalahan dan menyelesaikan berbagai tugas di komputer atau perangkat lain.

Software mempunyai berbagai jenis di ataranya yaitu Software System Operasi yang bertujuan untuk mengelola sumber daya perangkat keras,  Software Pengembangan yaitu untuk para development yang mengembangkan program komputer, Softwarre Networking perangkat ini digunakan untuk mengelola jaringan, kemudian ada Software Database yang digunakan untuk mengelola basis Data, Lalu ada Software Aplikasi yang dirancang untuk tujuan khusus seperti Pengolah Kata, Edit Foto Vidio, Desain dan lain lain.

Software/Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat Lunak Pengolah Kata atau disebut juga Word Processing adalah suatu jenis perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan khusus untuk mempermudah para pengguna mengolah dokumen seperti membuat atau merubah file berupa teks. Perangkat Lunak pengolah kata biasanya digunakan untuk menulis berbagai jenis dokumen, pengeditan dokumen dan tata letak bagian bagian dari dokumen seperti surat, naskah, artikel, laporan, dan surat resmi lainya.

Ada banyak  sekali berbagai jenis perangkat lunak pengolah kata namun pada intinya masing masing dari perangkat lunak tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi secara umum Software pengolah kata tersebut memiliki fungsi fungsi yang sama yang diperlukan untuk mempermudah dalam pembuatan dan pengeditan sebuah dokumen. 

Ulasan 9 Daftar Perangkat Lunak Pengolah Kata Yang Sering Digunakan

1. Microsoft Word
gambar microsoft eord

Microsoft Word adalah salat satu perangkat lunak pengolah kata yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Perangkat Lunak Microsoft Word merupakan salah satu perangkat paling populer dan paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Bahkan Software dari Microsoft ini telah menjadi standart industri dalam mengelola dokumen.

Kepopuleran Microsoft Word dalam mengolah kata diantaranya karena memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan dan memiliki fitur fitur yang lengkap untuk memudahkan para pengguna dalam mengolah dokumen. Para pengguna dapat dengan mudah menulis, mengetik dan mengedit dokumen dan memanfaatkan fitur fiturnya seperti fitur pengejaan otomatis, koreksi penulisan, pemformatan dokumen dan kolaborasi yang memungkinkan para pengguna dapat bekerja sama dengan tim. 

Selain dengan fitur fiturnya yang dapat membantu pengguna dalam mengolah kata, Microsoft Word juga terintegrasi dengan berbagai jenis produk dan layanan dari Microsoft seperti Microsoft Excel untuk mengolah angka, kemudian ada Powerpoint yang digunakan untuk pada pengguna dalam presentasi. Kekurangan bagi sebagian orang dari perangkat lunak ini mungkin salah satunya adalah para pengguna harus berlangganan dengan membayar untuk dapat menikmati keseluruhan fitur fiturnya. 

Tetapi jangan khawatir para pengguna juga dapat menggunakan Software pengolah kata dari Microsoft secara gratis karena Perangkat ini menyediakan akses gratis untuk personal maupun bisnis yang tidak kalah fitur fiturnya dengan yang berbayar.

2. WPS Office Writer
gambar wps office

WPS Office atau sebelumnya dikenal dengan Kingsoft Office merupakan Aplikasi perangkat lunak pengolah kata  yang dibuat dan dikembangkan oleh Perusahaan Kingsoft.  Layaknya seperti Microsoft, WPS Office dapat dengan mudah digunakan untuk keperluan mengolah kata seperti membaut, mengedit, dan memformat dokumen dokumen sesuai dengan keperluan pengguna. salah satu keunggulan dari WPS adalah Perangkat Lunak ini dapat membuka dan mengedit file Microsoft seperti format XLSX, PPTX dan DOCX sehingga Platform ini menurut saya cocok sekali bila temen temen ingin menggunakan Software kedua untuk keperluan pengolah kata selain Microsoft.

Sama seperti Microsoft Word, Software ini menyediakan versi berbayar dan gratis. Untuk versi gratis juga tidak kalah lengkap dari segi fitur dan dukungan untuk para penggunannya. WPS Office dapat digunaka  diberbagai platform seperti Windows, Linux, Android dan lain lain.

3. Libre Office 
gambar libre office

 Libre office merupakan salah satu perangkat lunak perkantoran yang di fungsikan untuk mengolah kata. Banyak sekali fitur fitur yang dapat anda gunakan, diantaranya para pengguna dapat dengan mudah membuat dan mengedit kata, slide dokumen, bahkan bisa membuat sebuah diagram dan gambar dari basis data. Libre office terus dikembangkan oleh The Document Foundation sampai saat ini sehingga para pengguna dapat dengan mudah menggunakan dan mengolah kata menjadi lebih baik lagi.

Keunggulan dari aplikasi pengolah kata ini adalah Libre Office bersifat Open Source dan gratis untuk para penggunanya. Sehingga temen temen dapat mendownload, menginstal dan menggunakan secara bebas tanpa membayar lisensi apapun. Dengan open source para pengguna dapat dengan bebas mengubah memodif dan menyebarluaskan ulang sesuai dengan Syarat GPL. 

Selain keunggulan diatas, Libre Office juga dapat dijalankan di berbagai system operasi, diantaranya yaitu Windows, Linux, OS X, Android dan lain lain.

4. Google Docs
gambar google docs

Google Docs adalah salah satu perangkat lunak dari Google yang berfokus pada layanan pengolah kata untuk para pengguna Google yang dapat digunakan secara gratis. Jika temen temen familiar dengan cara mengolah kata di sebuah aplikasi seperti Microsoft Word, Berbeda halnya dengan Google Docs yang memungkinkan para pengguna mengolah kata  seperti membuat, mengedit, mengelola dan meng share dokumen dengan cara online. 

Untuk menggunakan Software ini temen temen dapat dengan mudah menggunakan browser di perangkat yang sudah tersambung dengan internet, kemudian akses website resmi Google Docs dan login dengan akun Gmail temen temen. Selain menggunakan browser, temen temen juga dapat menggunakan Pengolah Kata ini di Android atau IOS dengan cara mendownload aplikasi Google Docs di Playstore maupun Appstore.

Google Docs menurut saya sangat cocok sekali jika digunakan untuk para pengguna dalam melakukan pengolahan kata secara bersama sama tim dan real time. Dengan akses yang mudah dan terintegrasi layanan google para pengguna dapat bekerja secara fleksibel diberbagai waktu dan tempat.

5. Apple Pages
gambar pages

Apple Pages merupakan Software perkantoran yang dibuat oleh Apple Inc. Pages dirancang secara khusus bagi para pengguna Apple seperti Iphone, Mac dan iPad untuk dapat melakukan aktifitas mengolah kata seperti Software pengolah kata pada umumnya. Dengan didukung desain elegan, integrasi layanan Apple dan kemudahan dalam penggunaan, pengguna dapat leluasa membuat dan mengedit dokumen di perangkat Apple dengan berbagai template yang menarik. Selain itu, para pengguna juga dapat bebas menambahakan gambar dan  menambahkan coretan atau goresan dengan menggunakan Apple Pencil jika perangkat mendukung ataupun dengan menggunakan jari. 

Walaupun Pages mempunyai segudang fitur dan antarmuka menarik serta terintegrasi dengan layanan Apple lainya, sayangnya menurut sebagian orang Pages mempunyai kekurangan dikarenakan hanya tersedia bagi para pengguna Apple. 

6. Open Office Writer
gambar open office writer

Open office Writer merupakan salah satu layanan dari OpenOffice yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Sama seperti Perangkat Lunak Libre Office, Perangkat ini juga bersifat Open Source atau perangkat lunak sumber terbuka serta berlisensi General Public License yang dapat dikembangkan dan didistrubusikan kembali oleh siapapun.

Dengan menggunakan Software ini temen temen dapat dengan mudah mengolah dan mengelola dokumen dokumen berbagai format seperti format dokumen Microsoft (DOXC), OpenDocument atau ODT, RTF dan juga bisa membuat file PDF dengan sekali klik.

Mengusung antarmuka sederhana dan mudah digunakan, OpenOffice mungkin dapat menjadi pilihan temen temen dalam memilih menggunakan Software sumber terbuka, dapat mengolah kata dengan baik dan gratis dalam penggunaanya.

7. NotePad
gambar notepad

Bagi temen temen yang mencari solusi membuat atau mengedit sebuah dokumen dengan sederhana mungkin ini adalah solusi yang tepat yaitu dengan menggunakan Perangkat Lunak pengolak kata NotePad. Noteppad mempunyai antarmuka yang minimalis tetapi memiliki fungsional membuat para penggunaa nyaman dalam pengeditan atau pembautan catatan dokumen yang sederhana berekstensi .txt. 

Walaupun sederhana dan minimalis, Notepad juga mendukung pengaturan bentuk format teks seperti tebal atau miring, pemilihan jenis font sampai menentukan ukuran font yang ditulis. Notepad terbilang sangat ringan dan cepat sehingga tidak memberatkan system serta tidak memakan banyak sumber daya perangkat.  Keberadaan Software Default yang sederhana ini sangat populer karena menjadi pilihan simple yang bisa temen temen gunakan untuk membuat dokumen tugas tugas sederhana seperti membuat catatan singkat, mengedit konfigurasi, serta mengedit tulisan dalam format TXT. 

Jika temen temen menginginkan fitur fitur yang cukup kompleks mungkin Notepad bukan pilihan yang tepat. Kawan kawan dapat mencari Software lain yang lebih kompleks dan canggih jika menginginkan aplikasi pengolah kata yang sesuai dengan kebutuhan temen temen.

8. Docs To Go
gambar docs to go

Docs To Go adalah salah satu aplikasi terbaik dalam mengembangkan software perkantoran dan produktifitas untuk mengolah kata dengan berbagai jenis ekstensi seperti file Microsoft word, Excel, PDF dan teks dolumen lainya. Anda bisa membuat, mengedit dan mengshare dokumen dengan memanfaatkan berbagai fitur yang cukup lengkap untuk menunjang produktifitas temen temen. Fitur Fitur Docs To Go yang bisa temen temen gunakan diantaranya yaitu pembuatan dan pengeditan dokumen, Kebutuhan Spreadsheet, fitur Presentasi, pilihan jenis font yang beragam dan berbagai jenis fitur yang bisa temen temen manfaatkan dengan mendownload dan mencobanya sendiri.

Meurut saya Docs To Go adalah software aplikasi yang cocok bagi temen temen yang bekerja mengolah dokumen di perangkat mobile dan bekerja secara fleksibitas di berbagai waktu dan tempat karena Software aplikasi ini dikhususkan untuk para pengguna android seluler dan IOS. temen temen jika ingin mencobanya bisa langsung mendowload aplikasi docs to go di Playstore maupun Appstore.

9. Zoho Writer
zoho writer

Zoho Writer merupakan Software pengolah kata mirip dengan Google Docs karena temen temen dapat dengan mudah mengolah berbagai dokumen dengan cara online, jadi temen temen tinggal memakai browser diperangkat masing masing kemudian akses website resmi Zoho Writer.

Dengan didukung fitur fitur yang lengkap dan antarmuka yang ramah pengguna temen temen dapat membuat, membuka serta mengedit berbagai format file dokumen populer melalui internet. Platform ini sangat cocok sekali buat anda jika temen temen kerja secara individu maupun kelompok yang memerlukan kolaborasi dan akses online untuk pengolahan kata. Dengan adanya Zoho Writer temen temen juga dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam mengolah kata melalui jaringan internet.

No comments:

Post a Comment